CEK ID FACEBOOK

Rabu, 26 Oktober 2011

Sejarah singkat Bible

-----------------
Kitab agama ini adalah milik umat Kristiani, dikenal dengan sebutan Alkitab atau Bibel (Inggris : Bible, Jerman : Bijbel), terdiri dari dua bagian kitab, yaitu Kitab Perjanjian Lama (PL) dan Kitab Perjanjian Baru (PB). Di dalam Perjaniian Lama Tuhan pernah berfirman bahwa orang-oran Israel itu sangat durhaka dan hobi merubah-rubah kitab suci (baca: Kitab Mikha 3:1 - 12 dan Ulangan 31:27). Akibatnya, kitab suci ini menjadi bercampur-baur antara kebenaran ilahi dan kesalahan-kesalahan manusiawi yang ditulis oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Maka Alkitab tidak boleh dibaca dengan doktrin yang harus diterima apa adanya bahwa Alkitab itu pasti baik dan benar, karena Tuhan telah mengaruniakan akal budi kepada setiap manusia.
- Akal budi inilah yang mendatangkan karunia (Amsal 13:15).
- Tanpa akal budi mengakibatkan kebodohan dan kebinasaan (Amsal 10:21).
- Gunakanlah akal untuk menguji dan menyaring Alkitab antara ayat-ayat firman Tuhan dan ayat-ayat buatan manusia. Sesuai dengan perintah berikut : "Ujilah segala sesuatu dan peganglah yang baik" (I Tesalonika 5: 2 1).

Untuk meng-awali pembelajaran Al Kitab, wajib kiranya untuk mempelajari sejarah singkat Bible.

Sejarah singkat Bible
------------------------
Barnabe atau Barnabas adalah murid Nabi Isa a.s yg termuda.
Nama aslinya YOSES atau YUSUF atau YOSEF. Lahir di CYPRUS, dari suku LEWI (YAHUDI)

Barnabas tidak pernah bercakap-cakap secara langsung dengan Yesus.
Barnabas tidak pernah dinyatakan oleh Yesus sebagai murid yang paling dikasihi karena dia menggabungkan diri dengan para rasul setelah Yesus naik ke Surga (Kisah Rasul 4:36-37)

Injil Barnabas dicatat pada abad ke-13 dalam bahasa Italy.

Lalu siapakah :
MARKUS, MATHIUS, LUKAS dan PAULUS ???

Semenjak ada nya Konsili gereja Paulus di NICEA, umat kristen hanya mengenal 4 Injil KAN0NIK/INDUK.

Ke 4 injil tsb ditulis oleh MARKUS, MATHIUS, LUKAS DAN YOHANES.
Sejarah telah membuktikan bahwa ke 4 peng-injil tsb TIDAK DEKAT atau TIDAK MENGENAL LANGSUNG dg Nabi Isa.

Seperti hal-nya MARKUS yg tidak dekat dg Nabi Isa a.s, MATIUS jg tdk mengenal Nabi Isa a.s.
Ia hanyalah mantan PEGAWAI RENDAHAN PEMUNGUT CUKAI.

LUKAS adalah DOKTER PRIBADI PAULUS yg juga tdk pernah bertemu dg Nabi Isa a.s

Adapun PAULUS alias SAUL dari Tarsus, dia juga TIDAK PERNAH BERTEMU DAN TIDAK PERNAH BERGABUNG dengan 12 MURID NABI ISA A.S.

Sebelum nya, PAULUS justru tokoh yg PRO - ROMAWI, salah satu musuh Nabi Isa a.s yg trlibat dalam pembunuhan besar2an dan penyaliban.

Setelah pristiwa penyaliban, Paulus bertobat dan ikut berdakwah dg Barnabas. Namun kemudian Paulus BERSEBRANGAN FAHAM dg Barnabas.

Data tentang Barnabas memang sedikit, apalagi beberapa kitab seperti PERJALANAN DAN AJARAN PARA RASUL telah dimusnahkan oleh gereja Paulus sehingga info ttg Barnabas dan generasi awal umat Nasrani ikut raib.

Beberapa tulisan Paulus tentang doktrin ketuhanan all:

Namun bagi kita hanya ada satu Allah saja, yaitu Bapa, yang dari pada-Nya berasal segala sesuatu dan yang untuk Dia kita hidup, dan satu Tuhan saja, yaitu Yesus Kristus, yang oleh-Nya segala sesuatu telah dijadikan dan yang karena Dia kita hidup. (1 Korintus 8:6)

Dari ayat di atas, Paulus ingin mempengaruhi orang-orang Korintus pada waktu itu agar mengikuti ajarannya, bahwa Tuhan terdiri dari dua substansi yaitu Bapa dan Yesus Kristus.

Doktrin Paulus di atas, bukan saja bertentangan dengan konsep ketuhanan dalam Perjanjian Lama, tetapi juga bertentangan dengan pernyataan Yesus dalam kitab-kitab kanonik (Markus, Matius, Lukas, dan Yohanes).

Lebih jauh, Paulus juga menyampaikan sebuah konsep tentang ke-manunggal-an Tuhan bernama Melkisedek.

Ia (Melkisedek) tidak ber-bapak, tidak ber-ibu, tidak bersilsilah, harinya tidak berawal dan hidupnya tidak berkesudahan, dan karena ia dijadikan sama dengan Anak Allah (Yesus), ia tetap menjadi imam sampai selama-lamanya. (Ibrani 7:3)

Jadi, menurut Doktrin Paulus, Tuhan merupakan ke-manunggal-an dari tiga mitra yang sejajar yang terdiri atas Bapa, Yesus, dan Melkisedek.

Tentu saja, yang membuat kita terheran-heran adalah, mengapa surat-surat Paulus yang berjumlah 14 kitab itu begitu saja diterima dan dimasukkan ke dalam kanon Perjanjian Baru hanya oleh usulan Athanasius, uskup Aleksandria pada tahun 367 M ???

Sebagaimana dapat dibaca dalam berbagai literatur, Paulus bukan dan tidak pernah menjadi murid Yesus. Pernyataan-pernyataanya merupakan tulisan yang sangat jelas membesarkan diri sendiri.

Perlu diketahui, bahwa tidak ada nabi/rasul yang menulis kitab dengan tangan-Nya sendiri. Semua ajaran nabi/rasul ditulis dan diabadikan oleh para pengikutnya yang percaya akan kenabian/kerasulannya.

Jika ada seorang yang mengaku nabi/rasul dengan menulis sendiri ajarannya dalam sebuah kitab tertentu dan menyebarkannya kepada orang lain maka dapat dipastikan ia adalah nabi/rasul palsu, terlebih jika tulisan tersebut tampak jelas berisi ajaran dengan membesarkan diri sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar

Alqur`an terjemah
Admin Von Edison alousci

 
Design by Blogger Themes | Bloggerized by Admin | free samples without surveys