CEK ID FACEBOOK

Selasa, 17 Juli 2012

HADIST MAQBUL DAN HADIST MARDUD


Penulis : Von Edison Alouisci

PENDAHULUAN

Dalam bahasan ini saya akan mencoba menjelaskan beberapa istilah hadist,mana mana hadist yang dapat diterima dan mana pula hadist yang harus ditolak. Untuk mempermudah pemahamannya saya bagi bahasan menjadi Tiga bagian.
1.Hadist Mutawatir Dan hadist Ahad.
2.Sipat dan Derajat hadist.
4. Macam macam Hadist Dlaif


1. HADIST MUTAWATIR DAN HADIST AHAD


Jika ditinjau dari segi bayak dan sedikitnya sanad dalam periwayatan suatu hadist,maka secara garis besar hadist itu terbagi menjadi Dua bagian yakni hadist Mutawatir dan hadist Ahad.

Hadist Mutawatir
adalah suatu hadist yang diriwayatkan dgn banyak sanad (jalan).Satu sama lain dari sanad sanad itu berlainan Rawi Rawinya dan mustahil mereka berbuat dusta sementara mereka (rawi rawi) berada dalam situasi dan tempat yang berbeda dan bahkan diantara mereka ada yang belum berjumpa atau tidak saling mengenal.

Hadist Ahad
adalah lawan dari hadist Mutawatir.yakni suatu hadist yang diriwayatkan dgn satu jalan atau lebih tetapi tidak sampai kepada derajat Mutawatir.Diantara hadis ahad yang dikenal dalam Ilmu Mushthalah antara lain :
a.Hadist Gharib ( hadist yg diriwayatkan dgn satu jalan.)
b.hadist `Aziz (hadist yg diriwayatkan dgn dua jalan)
c.Hadist masyur(hadist yg diriwayatkan dgn tiga jalan atau lebih namun tidak sampai pada tingkat mutawatir)


Perlu kiranya diketahui bahwa semua hadist yang dipandang Mutawatir dan berderajat sahih adalah hadist Maqbul atau hadist yang diterima dan bisa dijadikan hujah.Sedangkan hadist Ahad baik yang Ghrib,Aziz,maupun Masyur diantaranya ada yang maqbul dan ada pula yang mardud (tertolak) kerena didalamnya ada yang berderajat sahih.hasan dan dlaif.Nah untuk mengetahui hal ini maka perlu adanya pembahasan lebih lanjut agar tidak keliru apakah ia pantas dijadikan hujah atau tertolak.



2. SIPAT DAN DERAJAT HADIST


Jika dipandang dari segi sipat yang mengarah kepada pengertian baik dan tidak,kuat dan lemah.maqbul dan mardud,dapat dijadikan hujah atau tidak,maka derajat hadist itu terbagi menjadi tiga tingkatan :

1.Hadist Sahih
2.hadist Hasan
3.hadist Dla`if


HADIST SAHIH
Suatu hadist yang sanadnya bersambung sejak dari awal sampai akhir atau sejak dari Mukharij sampai kepada Rasulullah dan hadist itu diriwayatkanoleh org yang adil dan dlabit (hafazh dgn sempurna) dan tidak didapati suatu yang ganjil serta tidak ada pula hal hal yang menyebabkan cacat atau tercela.
Hadist sahih ini mengandung beberapa Martabat antara lain :


a.Hadist Mutawatir. Ini adalah setinggi tingginya martabat hadist b.hadist yang disepakati oleh Imam bukhari dan Muslim.
c.Hadist yang hanya dikeluarkan Imam Bukhari. d.Hadisy yang hanya dikeluarkan Muslim.
e.Hadist yang dikeluarkan atas dasar Syarat keduanya. f.Hadist yang dikeluarkan hanya atas syarat Imam Bukhari. g.Hadis Yang dikeluarkan Hanya atas syarat Muslim
h.Hadist yang telah SAH dari Al kutub As Sittah,Musnad Ahmad,Ad Darimi,dan hadist hadist yang telah disepakati dan disahkan oleh Ulama ahli ahli hadist.

Walaupun kekuatan derajat hadist hadist diatas satu sama lain berbeda namun semua hadist yang telah berderajat sahih itu dapat diterima dan bisa dijadikan hujah.

HADIST HASAN
Hadist hasan adalah hadist yang sanadnya bersambung dari awal sampai akhir atau dari mukharij kepada Rasulullah dan hadist itu diriwayatkan oleh org org yang adil akan tetapi hafaznya kurang sempurna.sedangkan dalam hadist itu tidak terdapat keganjilan atau hal hal yang menyebabkan cacat atau tercela.
Hadis Hasan ini baru timbul di zaman Abu Dawud Dan Thirmidzi yang kemudian di ikuti oleh org org ahli hadist sesudahnya.Jadi hadist hasan ini belum pernah ada di zaman Imam Bukhari dan muslim. Karna saat itu yang
ada hanya hadist sahih dan Dlaif semata.Hadist hasan termasuk dalam kelompok hadist Maqbul dan dapat dijadikan hujah.
HADIST DLA`IF
Dalam pengertian masthalah hadits yang dimaksud adalah suatau hadist yang sanadnya terputus atau Rawi dan matannya ada kelemahan. Baik karena cacat atau tercela,maupun kelemahan kelemahan yang lainnnya.Untuk Tegasnya Hadist Dlai`if adalah hadist yang didalamnya tidak terdapat syarat syarat hadist shahih atau hasan.

Pada dasarnya hadist dlai`if tidak dapat dijadikan hujah.akan tetapi dalam perkembangannya sebagian Ulama membaginya menjadi tiga bagian yang salah satu diantaranya masih dapat dijadikan hujah.

1.Hadist Dla`if Khafif.
2.Hadist Dla`if Syadid.
3 Hadist Dla`if Maudlu.


Hadist dla`if Khafif
maksudnya adalah ringan.maksudnya suatu hadits yang didalamnya terdapat kelemahan kelemahan ringan dan tidak sampai pada pengertian cacat atau tercela.

Hadist dla`if Syadid
maksudnya kuat dan keras.maksudnya suatu hadist yang di dalamnya terdapat kelemahan kelemahan yang cukup kuat dan sampai pada pengertian cacat atau tercela.

hadist Dla`if Maudlu
maksudnya yang di letakkan atau diada adakan. Maksudnya suatu hadist yang sengaja di ada adakan org mengatas namakan Rasulullah. Atau tegasnya suatu hadist yang dipalsukan dan tertolak.

MAQBUL DAN MARDUD- NYA HADIST DLA`IF


mengenai hal ini ada dua pendapat Ulama.


1. Pendapat Pertama
Hadist Dlaif tidak dapat dijadikan hujah sama sekali.pendapat ini didasarkan dari pengertian berpikir menurut pengertian Lughat.Jika sudah jelas bahwa hadist Dla`if ini lemah maka bagaimana yang lemah semacam ini bisa di jadikan hujah??

2.Pendapat kedua.
Bagi mereka yang membagi hadist ini menjadi tiga bagian seperti yang telah di jelaskan diatas,mereka berpendapat bahwa hadist Dlaif Khafif masih bisa diterima sebab tidak sampai pada pengertian cacat dan tercela.sementara selain itu harus ditolak.
pendapat ini dapatlah di pahami bahwa pegangan mereka untuk dapat atau tidaknya hadist dlaif di jadikan hujah berdasarkan pengertian istilah.jadi bukan menurut pengertian Lughah seperti pendapat pertama. Disinilah letak perbedaan sebagian ulama tentang Maqbul dan mardudnya hadist dlaif yang sampai sekarang masih terus berjalan.

RAGAM JENIS HADIST DLA`IF.


Untuk mengetahui lebih luas tentang hadist Dlai`f yang ketentuan hukumnya telah di ketahui sebagai hadist mardud (tertolak) maka kita perlu pula mengetahui ragam jenis dari hadist ini agar dapat ditolak jika sewaktu waktu ditemukan dalam buku buku..artikel..dan lain lain..yang di baca.. atau di dengarkan.

A.Hadist dlaif karna terputus sanadnya antara lain.

1.Hadist Dlaif Mu`allaq
2.Hadist Dlaif Mu`dlal
3.Hadist Dlaif Munqatih
4.Hadist Dlaif Mudallas
5.Hadist Dlaif Mursal.

Hadist Dlaif Mu`allaq.(tergantung)
Suatu hadist yang awal sanadnya terdapat seorang rawi atau lebih dgn berturut turut yang telah Wafat.


Hadist Dlaif Mu`dlal (memberatkan)
Suatu hadist yang ditengah tengah sanadnya telah wafat dua atau lebih perawinya dgn berturut turut.

Hadist Dlaif Munqatih (terputus)
Suatu hadist yang ditengah tengah sanadnya telah wafat dua atau lebih perawinya tetapi tidak berturut turut.


Hadist Dlaif Mudallas ( disamarkan)
Suatu hadist yang diriwayatkan oleh seorang rawi.rawi itu meriwayatkan dari org lain yang ia bertemu atau semasa dgn org itu.tetapi ia tidak mendengar hadist yang diriwayatkan,berasal dari org itu.ia meragu ragukan, seakan akan ia mendengar hadist itu dari org itu.

Hadist Dlaif Mursal (dilangsungkan)
Suatu hadist yang diriwayatkan oleh seorang tabi`i langsung dari nabi  atau ia meriwayatkannya dari seorang sahabat yang  tidak mendengarnya dari Nabi,tetapi kemudian ia riwayatkan langsung dari Nabi.Artinya ia meriwayatkan hadist itu tanpa menyebut nama sahabat yang mendengar langsung dari Nabi.
Hadist mursal ini ada dua :
1.Mursal Tabi`i
yakni diriwayatkan oleh seorg tabi`i dgn menyebut langsung dari nabi.hal demikian tidak   mungkin benar. Karna yang dinamakan tabi`i itu adalh org yang tidak semasa dgn Rasulullah jadi mestinya ada perantara dari seorg sahabat.para ulama sepakat bahwa hadist ini mardud atau tertolak.pen.

2.Musal sahabi
yakni diriwayatkan oleh seorang sahabat langsung dari nabi.sedangkan sahabat yang dimaksud tidak mendengar langsung dari nabi.jadi mestinya ada sahabat lain yang menyampaikan dan sahabat ini mendengar langsung dari Nabi.hadist ini..masih menjadi perselisihan para ulama..sebagian ada yang menolaknya sebagian pula ada yang menerimanya.pen

B. Hadist dlaif  karna cacat atau tercela rawi rawi dan matannya antara lain.


Hadist Dlai`if matruk. Hadist Dlai`if Munkar
Hadist Dlai`if ma`lul/Mu`allal
Hadist Dlai`if Mudraj Hadist Dlai`if Maqlub Hadist Dlai`if Mudlatharib Hadist Dlai`if Mubham Hadist Dlai`if Majhul Hadist Dlai`if Syadz
Hadist Dlai`if Mushahhaf
Hadist Dlai`if Muharraf.

Hadist Dlai`if matruk.
suatu hadist yang diriwayatkan oleh rawi yang tertuduh berdusta dan tidak diketahui jalan lainnya.



Hadist Dlai`if Munkar
Satu hadist yang diriwayatkan rawi lemah serta bertentangan dgn riwayat yang lebih ringan lemahnya(
menurut kitab Minhatul Mughits)
satu hadist tunggal yang tidak di ketahui matannya selain dari yang meriwayatkannya sedangkan rawi ini jauh dari derajat Dlabith.(menurut kitab Qawa`idut Tahdits)
satu hadist yang didalam sanadnya ada rawi yang banyak salahnya atu lalainya atau fasiqnya.(menurut kitab
Mintahul `Ulum)


Hadist Dlai`if ma`lul/Mu`allal
suatu hadist yang dhahirnya syah tetapi setelah diperiksa ternyata ada cacatnya.


Hadist Dlai`if Mudraj
Suatu hadist yang sanad atau matannya tercampur dgn sesuatu yang bukan berkaitan dgnnya.


Hadist Dlai`if Maqlub
suatu Hadist yang sanad atau matannya terbalik atau tertukar dari yang semestinya.


Hadist Dlai`if Mudlatharib
suatu hadist yang sanad atau matannya diperselisihkan satu dari yang lain dan tidak dapat dicocokan atau diputuskan mana yang lebih kuat

Hadist Dlai`if Mubham
Suatu hadist yang sebagian matannya atau rawinya tidak disebut namanya.


Hadist Dlai`if Majhul
Suatu hadist yang dalam sanadnya ada rawi yang tidak dikenal dan hadistnya tidak diketahui melainkan dgn jalan seorang rawi saja.

Hadist Dlai`if Syadz
Suatu hadist yang diriwayatkan oleh rawi rawi kepercayaan tetapi sanad atau matannya menyalahi dengan riwayat yang lebih kuat.

Hadist Dlai`if Mushahhaf
suatu hadist yang berubah hurupnya dalam sanad atau matannya karena titik sedangkan bentuk tulisan asal masih tetap.

Hadist Dlai`if Muharraf.
Suatu hadist yang harakat atau sukunnya dalam hurup hurup yang ada pada sanad atau pada matannya berubah dari asalnya.



Selain dari dua kelompok hadist Dla`if diatas,masih ada pula istilah istilah yang dimasukan kedalam pengertian hadist dlaif sekalipun sebenarnya bukan hadist karna bukan datang dari Nabi dan bukan pula dari persetujuan dari Nabi.namun demikian sebagian ulama masih menyebutnya hadist.Sebenarnya hal demikian hanya sekedar untuk memudahkan sebutan saja seperti halnya hadist Maudlu. Dgn cara demikian Hal tersebut dapat
dibedakan menurut nama dan asal darimana hadist itu datang. Dalam artian, ulama pada pokoknya tidak menyatakan itu sebuah hadist. Hadist yang dimaksud adalah..
Hadist Mauqul
Hadist Maqthu`


Hadist Mauqul ( sebenarnya bukan hadist. pen.)
Suatu perkataan atau perbuatan yang bersumber dari para sahabat sahabat Nabi.sebagian ulama ada yang mengatakan ini dgn sebutan “ Atsar”.

Hadist Maqthu`(sebenarnya bukan hadist Pen.)
Suatu perkataan atau perbuatan yang datang dari para tabi`un yakni org org islam yang pernah bertemu dgn para sahabat Nabi.

Dalam bahasan ini perlu kiranya kita pahami adanya khilaf mengenai hadist Dlaif Khafif dan hadist Dlaif
Shahabi.
Perbedaan dan pemikiran serta sudut pandang dalam memahami kedua hadist ini telah mempunyai pengaruh yang besar sampai sekarang.persoalan ini termasuk persoalan IJTIHADIYYAH yang perlu kiranya dipikirkan para ulama dan perlu pula disadari adanya persoalan ini.saya secara pribadi menghormati dan menghargai perbedaan masing masing pihak karena saya yakin..apa yang menjadi tolak ukur kebenaran dalam pemikiran masing masing pada dasarnya untuk mencari jalan sebaik mungkin dalam beramal ibadah kepada Allah.

Semoga tulisan sederhana ini bermanpaat bg kita semua.  Mengingat keterbatasan waktu Dan karna saya tidak menulisnya dalam sebuah buku maka bagi yang kurang memahami hal ini silahkan tanyakan pada Ulama atau guru masing masing agar lebih jelas bagaimaimaa contoh contoh hadist yang dimaksud.
Salam Ukhuwah.


Baturaja 29 MEI 2012
Penulis. Von Edison Alouisci. http://www.facebook.com/von.edison.alouisci http://v-e-alouisci.blogspot.com

Nb.Silahkan Copas dan tentunya dgn saling menghargai karya tulis org lain.

1 komentar:

suka.suka guee.. mengatakan...

. koo susah buat dicopasnyaa???

Posting Komentar

Alqur`an terjemah
Admin Von Edison alousci

 
Design by Blogger Themes | Bloggerized by Admin | free samples without surveys